Ekonomi Sumberdaya Alam dan Lingkungan

Posted by Benny Osta Nababan Jumat, 26 April 2013 2 komentar
Masalah pemanfaatan dan pengelolaan sumberdaya alam sudah sejak lama disadari oleh pemikir pemikir terdahulu. Malthus (1798) telah menulis pandangannya mengenai kelangkaan dan keterbatasan sumberdaya alam untuk memenuhi kebutuhan manusia yang semakin meningkat. Ricardo (1817) mengemukakan bahwa rente lahan, yang pada saat itu merupakan sumberdaya alam yang utama, merupakan nilai tersendiri. Hal ini berbeda dengan pendapat Adam Smith (1776) sebelumnya yang berpandangan bahwa rente lahan adalah salah satu penentu harga produk lahan.
Selanjutnya Mill (1848) mengemukakan proposisi bahwa kemajuan peradaban (progress of civilization) akan dapat mengurangi keterbatasan sumberdaya alam dalam memenuhi kebutuhan manusia. Masalah keterbatasan pertumbuhan populasi sumberdaya alam pulih (renewables) juga kembali mengemuka sesudah Verhulz (1878) memperkenalkan persamaan logistik species tunggal. Persamaan logistik tersebut kemudian menjadi salah satu dasar pengembangan ekonomi sumberdaya alam pulih biologis.

Tantangan baru kemudian muncul dengan timbul dan meningkatnya penggunaan dan pengelolaan sumberdaya alam tidak pulih (non-renewables). Gray (1914) dan Hotelling (1931) mulai membahas keuntungan perusahaan dan manfaat sosial dari ekstraksi sumberdaya alam tidak pulih secara intertemporal.

Pemikiran pemikiran tersebut selanjutnya terus berkembang menjadi satu cabang ilmu yang disebut ilmu ekonomi sumberdaya alam dan lingkungan yang membahas dan mendalami semua aspek ekonomi penggunaan dan pengelolaan sumberdaya alam pulih dan tidak pulih serta akibat akibat eksternalitas dari kegiatannya.

Anda dapat mendownload beberapa jurnal mengenai ekonomi sumberdaya alam dan lingkungan pada link berikut ini :

A_Bioeconomic_Analysis_of_a_Shellfishery_The_Effects_of_Recruitment
A_Bioeconomic_Model_of_the_Harp_Seal_in_the_Northwest_Atlantic
A_Pollution_Offset_System_for_Trading_Non-Point_Source
A_Ricardian_Analysis_of_the_Distribution_of_Climate
A_natural_resource_valuation_tool_for_assisting_natural_resource
Adoption_of_Pollution_Prevention_Techniques
Are_Travelers_Willing_to_Pay_a_Premium
Benefits_transfer_and_low_flow_alleviation


TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Ekonomi Sumberdaya Alam dan Lingkungan
Ditulis oleh Benny Osta Nababan
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://bennyosta.blogspot.com/2013/04/download-jurnal.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

2 komentar:

FIsheries and Marine Science mengatakan...

terima kasih pak Benny Osta Nababan, beberapa artikel nya membantu saya, dan jika bapak memiliki artikel terkait konsep sistem sosial ekologi, mohon diinfokan pak

Benny Osta Nababan mengatakan...

Terima kasih.... mudah2an membantu untuk semuanya... Saya punya terkait hal tersebut namun belum diupload krn drive googlenya penuh....

Posting Komentar

Share with

Twitter Google Plus Facebook Digg Stumbleupon Favorites More
Tutorial SEO dan Blog | Copyright of Resources Economic, Policy, Statistic and Socio Economics.

Resources Economics