ANALISIS PERSEPSI DAN PILIHAN KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SUKU CADANG SEPEDA MOTOR MERK ASTRA HONDA MOTOR (AHM) GENUINE PART DAN ASPIRA DI CILEBUT

Posted by Benny Osta Nababan Minggu, 04 Desember 2016 0 komentar
ANALISIS PERSEPSI DAN PILIHAN KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SUKU CADANG SEPEDA MOTOR MERK ASTRA HONDA MOTOR (AHM) GENUINE PART DAN ASPIRA
DI CILEBUT

Oleh :

Benny Osta Nababan[1] dan Nina Aminah[2]

ABSTRAK

Seiring dengan permintaan sepeda motor yang terus meningkat maka meningkat pula permintaan suku cadang sepeda motor.  Persepsi masyarakat Indonesia mengenai suku cadang sepeda motor cukup menarik perhatian. Masyarakat Indonesia beranggapan bahwa suku cadang yang berasal dari Jepang memiliki kualitas paling baik dibandingkan dengan suku cadang buatan  Indonesia.  Sebagaimana diketahui, suku cadang sepeda motor merk ASPIRA merupakan produk suku cadang after market produksi pabrik Astra Otopart yang merupakan vendor atau pabrik untuk Astra Honda Motor  (AHM) Part. Perbedaan dari produk ORI dan OEM adalah kemasan dan harga jual namun kualitas produk, material dan standarisasinya sama dengan merk AHM Genuine Part.  Tujuan penelitian ini yaitu: (1) untuk mengetahui persepsi konsumen terhadap suku cadang sepeda motor merk AHM dan ASPIRA pada variabel produk, kualitas produk dan harga; (2) untuk mengetahui perbedaan persepsi konsumen terhadap suku cadang sepeda motor merk AHM dan ASPIRA pada variabel produk, kualitas produk dan harga; (3) untuk mengetahui faktor paling penting bagi konsumen dalam menentukan keputusan pembelian suku cadang sepeda motor merk AHM atau ASPIRA.  Sebelum melakukan analisis data perlu dilakukan uji validitas dan reliabilitas data agar data yang digunakan merupakan data yang sahih dan konsisten.  Metode analisis data yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut yaitu : (1) Uji perbedaan rata-rata, (2) Independent samples test (Levene’s test dan t-test samples).  Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu : (1) variabel yang digunakan dalam penelitian ini secara keseluruhan valid dan reliabel, (2) konsumen sepeda motor Honda secara rata-rata lebih memilih produk AHM, (3) ada perbedaan persepsi konsumen secara keseluruhan yang artinya konsumen akan membandingkan 5 variabel persepsi tersebut sebelum memilih suku cadang AHM atau ASPIRA, (4) faktor dominan untuk menentukan keputusan pembelian suku cadang AHM atau ASPIRA adalah kualitas produk (rekomendasi) dan harga (promosi dan discount). 

Kata kunci : Uji Beda, Persepsi, Suku cadang, AHM, ASPIRA, Cilebut



[1] Dosen  Departemen ESL-FEM-IPB dan peneliti IPB
[2] Mahasiswa STIE Dewantara

Untuk paper lengkap dapat didownload pada link berikut :
Mohon dapat lengkapi daftar pustaka anda jika merujuk pada tulisan pada paper ini.... Terima kasih...

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: ANALISIS PERSEPSI DAN PILIHAN KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SUKU CADANG SEPEDA MOTOR MERK ASTRA HONDA MOTOR (AHM) GENUINE PART DAN ASPIRA DI CILEBUT
Ditulis oleh Benny Osta Nababan
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://bennyosta.blogspot.com/2016/12/analisis-persepsi-dan-pilihan-konsumen.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Share with

Twitter Google Plus Facebook Digg Stumbleupon Favorites More
Tutorial SEO dan Blog | Copyright of Resources Economic, Policy, Statistic and Socio Economics.

Resources Economics